Info Guru Dan Pendidikan | Bisnis Online | Tutorial Blog | Trik Facebook | Twitter | Android

Pengertian Data Prefill pada Aplikasi Dapodik 2013

Pengertian Data Prefill pada Aplikasi Dapodik 2013

Salah satu yang harus disiapkan oleh Operator Sekolah Pada pendataan Dapodik 2013 adalah Data Prefill Dapodik 2013. Tidak menutup kemungkinan masih banyak Operator Sekolah yang belum paham apa yang dimaksud dengan Data prefill dapodik 2013.

dapodikdas

Sebelumnya pada postingan 17 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Aplikasi Dapodikdas 2013 pada poin kedua tercantum "Pastikan prefill yg digunakan adalah yg versi final (ekstension .prf)". Nah, disini saya Guru Gaptek akan mencoba berbagi informasi tentang Data Prefill dapodik 2013 untuk rekan-rekan Operator Sekolah diseluruh Indonesia yang belum memahaminya.

Pengertian Prefill_Dapodik 2013 adalah Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan dipaket ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi dapodik versi 13.01./2013. Prefill dapodik ini berdasarkan data yang terakhir kali di upload ke server dapodik.

Pada Aplikasi Dapodik 2012 dulu kita mengenal File DB (database) (Backup Local Dapodik), sedangkan pada Aplikasi Dapodik 2013 ada Database Prefill. Samakah antara back up lokal dengan Data Prefill? Pada dasarnya isinya sama, namun ekstensi / formatnya berbeda. Untuk yang terbaru/hasil download (ekstension .prf) sedangkan back up lokal berekstensi .pre Jadi yang back up lokal tidak bisa digunakan untuk aplikasi dapodik 2013 ini.

Semoga sedikit penjelasan diatas bisa dipahami. 



Bagikan Artikel Ini Ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Tutorial Android, Published at 20.46 and have 0 komentar
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Guru Gaptek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar